Friday, September 25, 2009


ini cerita lain lagi ya... judulnya : ...TEMAN KU TERNYATA ORANG DAYAK ....
( cerita ini tdk begitu jenaka… jd kalau tdk ada yg lucu… ya jng marah…)
Setahun yang lalu, aku mendpt tugas utk mengurus suatu pekerjaan di Kalimantan, berhari2 berada di negeri Borneo tentunya aku bergaul dng masyarakat disana. Salah satu temanku adalah pak Dariyang… dia orangnya baik… rendah hati, dan yg aku suka ternyata nyambung bila diajak bicara ttg klenik… ini kesempatan langka dan mahal… ( ya iya, mau ke Kalimantan ticket pesawat aja berapa…? Belum hotelnya de..el..el…) bisa bertanya langsung ttg ilmu2 yg sering digunakan oleh orang Dayak. Orang dayak pilihan (org pintarnya –red) menggunakan minyak-2 tertentu yg diolah sendiri utk berbagai keperluan pengobatan… diantara minyak tsb adalah :

- Minyak Bintang : utk mengobati luka di tubuh… dalam hitungan detik darah yg keluar akan berhenti… trus luka yg menganga akan menyatu kembali…

- Minyak Sambung Maut : Ini utk mengobati luka parah yg dokter sdh tdk lagi bisa menangani… (utk luka tingkat yg lebih berat), bila memang blm ajal… pasti akan hidup kembali…

- Minyak Sambung Tulang : special utk tulang patah… bila cepat diolesi dng minyak ini… insya Allah tulang akan kembali normal… (kira-kira minyak ini spt “Sangkal Putung…” kalau di pulau Jawa)

- Minyak Tujuh Wali : berguna menetralkan rumah (digantung dipintu msk rumah), bila ada orang yg akan berniat jahat… segala ilmu org tsb akan luntur krn pengaruh minyak ini. Kekebalan akan hilang… ( mnrt ku pribadi… ini tergantung ketinggian si pemilik ilmu… bila lebih tinggi ilmunya… pasti rumus minyak ini tdk akan berlaku… bukankah diatas langit msh ada langit …? )

- Minyak Tumbuk : Sejenis minyak pengasihan tapi bersifat umum… bisa untuk penglaris dagangan… (temanku yg barengan ke Kalimantan, pedagang mobil tua / antik, msh punya 4 mobil yg belum laku… dia tak ksh (setetes) minyak ini utk mobilnya yg mau dijual… trus dioleskan ke mobil tsb… krn sdkt, sekali oles minyaknya habis… tdk sampai seminggu mobil tsb sdh laku… ketemu jodohnya..) ah… ini hanya kebetulan aja… ya ?... tapi krn dia awam… lgsng kubilang aja… minyak ku TOP kan ? seminggu lsng laku… mana komisinya ? iya nanti tak transfer… tapi aku minta lagi ya.? Sstt… bisa ngga utk narik cewek… ? mobil jelek aja bisa laku… masak orang ganteng ngga bisa…? Tapi buru-buru kusahuti sorry ya sdh abis… minyakku cuma sdkt… kamu lihat sendiri kan, adanya cuma sebotol kecil…sdh diminta-i teman2… nanti kalau ke Klmtn aku minta lagi sama pak Dariyang… (sekedar catatan : minyak dayak… yang utk pelet… penglaris dll pasti beraroma harum… kata pak Dariyang, dan mnyk yg lain akan berbau …apek..!)

- Daun Taguh Sahri : utk kekebalan, cara nya : disobek sedikit aja… trus robekan tsb ditelan… Daya tahan kekebalan ini hanya sehari, kalau mau kebal lagi… ya robek daunnya dan telan lagi… spt minum obat aja…! Saya mau dicobakan dng daun ini… tapi saya tdk mau… siapa tahu ini hari apesku… dicoba ternyata gagal… kan aku yg luka.. ? ( logika men..! )

- Butuh Kajung : (maaf ya bila ada orang Kalimantan yg baca ini… krn artinya agak vulgar… tapi namanya memang itu yg disebutkan pak Dariyang… gmn lagi saya hrs menulis ?) lebih halusnya… kegunaan nya utk menambah stamina… gitu aja dech….!

- Samban Babi : Juga utk kekebalan… bersifat elastis, bisa melar seperti karet… biasanya utk dililitkan ke pinggang atau leher… wah pasti dok-deng ! tapi efeknya adalah gatalan… saya pegang beberapa saat mmg tangan jadi gatel… apa lagi dikalungkan ?... yo wegah no..!

- Betoro Karang alias Jenglot… : semua orang sdh tahu Jenglot itu apa… banyak versi cerita ttg jenglot… tapi bagiku… jenglot adalah makhluk kecil yang sudah menjadi kering… tidur enak dikasur… yg juga kecil … di dalam kotak ! Cuma diam saja… tapi minta makan terus… masing2 jenglot punya beragam kesukaan, ada yg suka darah hewan, darah manusia… dan ada juga yg makanannya buah…, beras dll… (nggak perlu dibuat serem-kan ? tapi mana bagian lucunya…? )

No comments:

Post a Comment